Siapkan Generasi Indonesia 2045 Dimulai Dengan Perhatian Khusus Pada PAUD

HUMASPROTOKOL-Sidoarjo, Diperingatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2011 ini.Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,Mhum mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk lebih memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan prilaku yang berbasis kasih sayang.

Ajakan tersebut diungkapkannya dalam pidato sambutan Menteri Pendidikan Nasional yang dibacakannya di upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-103 tahun 2011 di Alun-alun Sidoarjo Jum’at (20/5). “Dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan prilaku yang berbasis kasih sayang serta toleransi realitas keanekaragaman yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemangku kepentingan pendidikan terutama kepala sekolah, guru, pimpinan perguruan tinggi, dosen,harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didiknya,”ungkapnya.

Oleh karena itu di peringatan Hardiknas tahun 2011 ini. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap agar momen Hardiknas kali ini tidak hanya dijadikan acara seremonial saja. Namun ungkap Saiful Ilah harus diwujudkan dalam kegiatan yang lebih nyata. “Mulai tahun ajaran 2011/2012 nanti pendidikan berbasis karakter akan kita jadikan sebagai gerakan nasional,”ujarnya.

Gerakan tersebut nantinya ungkap orang nomer satu dikota Delta akan dilakukan secara menyeluruh pada semua tingkatan pendidikan. Yakni mulai dari pendidikan anak usia dini sampai dengan perguruan tinggi termasuk didalamnya pendidikan formal dan non formal. “Karakter yang akan dibangun bukan hanya karakter yang berbasis kemuliaan diri saja. Melainkan secara bersamaan membangun karakter kemulian sebagai bangsa yang berintelektual dan santun,” tambahnya.

Untuk itu kedepan ucap Saiful Ilah perlu dipersiapkan generasi Indonesia 2045 yaitu pada saat menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka. “Hal ini harus kita mulai dengan memberikan perhatian khusus pada pendidikan anak usia dini yang nantinya akan melanjutkan pembangunan bangsa dan Negara RI,”ucapnya.

Sementara itu memaknai peringatan Hari Kebangkitan Bangsa (Harkitnas) ke-103 tahun 2011. Ia berharap untuk selalu optimis dan bangkit membangun bangsa dan negara. “Dengan kekuatan secara mandiri serta mengedepankan SDM melalui pemberdayaan masyarakat disegala bidang kita harus bangkit membangun bangsa dan negara,”ujarnya.

Dalam upacara peringatan Hardiknas dan peringatan Harkitnas ke 103 yang diikuti oleh para pelajar,PNS,Polisi dan TNI tersebut. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberikan penghargaan kepada Ricky Kurniawan siswa SMAN 3 Sidoarjo yang telah mengharumkan nama Kabupaten Sidoarjo dengan meraih juara lomba pidato bahasa Jepang ditingkat nasional. Yang rencananya siswa kelas XII Bahasa ini akan dikirim ke Kawasaki Jepang untuk mengikuti program Japanese Speech Award pada bulan Juni mendatang.

Serta pula dalam kesempatan tersebut kepada PG/TK Aisyah 3 Rewin Waru. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberikan piala penghargaan sebagai juara I lomba Cipta Senam untuk anak usia dini serta diberikan pula bantuan Alat Peraga Edukasi (APE) dalam rangka seleksi hari anak nasional tingkat kabupaten tahun 2011 yang diselenggaarakan oleh Dinas Pendidikan Sidoarjo. (git/Humas)
 
Sumber : http://www.sidoarjokab.go.id/