PEMBINAAN KARANG WERDA



PEMBINAAN KARANG WERDA
DI DESA REJENI KEC. KREMBUNG KAB. SIDOARJO TH. 2011
OLEH : DINSOSNAKER SIDOARJO


Dalam rangka melaksanakan Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial Tahun Anggaran 2011 di Kabupaten Sidoarjo, di desa Rejeni diadakan Pembinaan Karang Werda dalam upaya Meningkatkan Kualitas Lansia khususnya yang menjadi anggota Karang Werda.

Susunan acara :
  1. Pembukaan, oleh kepala desa
  2. Sambutan dari wakil kecamatan
  3. Sambutan dari Dinsosnaker
  4. Acara inti oleh kepala puskesmas
  5. Sesi Tanya jawab
  6. Pembagian dana sosial
  7. Penutup
Sambutan dari perwakilan kecamatan :

Dari 19 desa di kecamatan Krembung rejeni termasuk dalam desa transkota. Tujuan di adakannya pembinaan  Karang Werda untuk mengadakan perkumpulan lansia dari tiap desa dengan misi tetap sehat dan sejahtera. Perkumpulan lansia sendiri ada beberapa tingkatan. Dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, bahkan dengan tingkat desa, yang disebut (Karang Werda).

Ada Undang-undang yang mengatur kesejahteraan lansia yaitu UU No.13 th 1998. Kemudian ada Undang-undang yang mengatur secara bertahap. Yang pertama PERDA Provinsi, kedua PERDA Kabupaten. Dari PERDA Kabupaten sidoarjo ada pasal tentang hak dan kewajiban yang sama, maksudnya lansia yang tidak mampu akan diberikan layanan kesehatan secara gratis.

Pengurus desa adalah wakil dari anggota Karang Werda untuk sarana atau komplain dan untuk anggota Karang Werda mengajukan keluhan secara terbuka. Yang kemudian akan di uruskan ke kabupaten dan di salurkan ke puskesmas. Pelayanan yang disediakan secara gratis antara lain: kursi roda, kenyamanan dalam pelayanan, pelayanan lansia akan diatur secara khusus.
Sasaran : 
  • Menghidupkan kembali gerakan Karang Werda
  • Memeberikan kesejahteraan untuk masyarakat lansia

Sambutan dari Dinsosnaker :

Mengingatkan para lansia pada zaman penjajahan dahulu,
  1. Mengingantkan tentang Senam TAISHO, Tujuannya untuk mengingatkan memori para lansia dan menumbuhkan semangat
  2. Menyanyi, sebagai hiburan

Apa Karang Werda itu ?
Karang werda adalah satu perkumpulan atau ikatan orang-orang lansia yang memiliki tujuan yang sama dan kegiatan yang sama didalamnya.

Apa bedanya Karang Werda dengan karang taruna ?
Karang werda itu berisikan anggota para bapak - ibu lansia, sedangkan karang taruna itu berisikan anggota anak muda atau remaja-remaja.

Awal tahun 70-an pemerintah menggalakkan program KB, agar pertumbuhan penduduk Indonesia bisa tertata. Saat KB digalakkan ada reaksi pro dan kontra namun setelah tahu manfaatnya semua jadi setuju terhadap program tersebut. 

Manfaatnya antara lain :
  1. Kesehatan keluarga terkontrol
  2. Biaya kehidupan tidak terlalu melambung
  3. Pendidikan bisa teratur
Isi kegiatan dari Karang werda antara lain :
  1. Posyandu lansia
  2. Senam sehat lansia
  3. Jantung sehat
Tujuan dari kegiatan diatas yaitu para lansia harus menjaga kesehatan karena, jika warga sehat maka Negara tersebut menjadi tentram.

Isi sambutan dari Puskesmas Krembung :

Lansia sekarang dapat perhatian khusus dari pemerintah. Begitu juga saat dipuskesmas lansia juga mendapatkan perhatian. Lansia yang beribat ke puskesmas akan mendapatkan kartu khusus yang berwarna merah muda. Kartu ini yang akan digunakan sebagai syarat berobat secara gratis dan akan didahulukan pelayanannya. Kartu tersebut diberi foto dan ditandatangani atau cap jempol. Kalau belum mendapatkan kartu jamkesmas, para lansia harus memenuhi persyaratan yaitu fotokopy KK(Kartu keluarga) dan fotokopy KTP 3 lembar.

Untuk yang sudah memiliki kartu jamkesmas akan mendapatkan gratis periksa gula darah dan tensi darah. Kegiatan ini selain dapat dilakukan di puskesmas juga dapat dilaksanakan diposyandu lansia khususnya di rejeni yang dilaksanakan setiap hari rabu sebulan sekali di balai desa yang ditangani oleh bidan desa ( ibu nanik). Jumlah para lansia di desa rejeni ada sekitar 900 orang, namun ada 428 yang mengikutinya lainnya tidak. Penyakit para lansia antara lain: darah tinggi, rabun, linu-linu, bisa berobat di posyandu secara gratis.

Tips menjaga kesehatan para lansia!
  • Makan sehat
  • Istirahat cukup
  • Olahraga
  • Banyak berdo’a
  • Sabar
  • Berfikir positif
  • Minum yang banyak agar ginjal baik dan buang air lancar.


Pantangan makanan yang harus dihindari para lansia :
  • Dilarang makan santan
  • Dilarang makan kacang-kacangan
  • Dilarang makan jeroan
  • Dilarang makan makanan yang berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar