WARGA SIDOARJO GRATIS BIAYA PERSALINAN

Warga miskin maupun non miskin di Sidoarjo akan bisa menikmati jaminan persalinan (Jampersal) gratis. Aturannya saat ini sedang digodok oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo.

"Tahun 2011 ini diharapkan bisa segera dilakukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, dr Ika Harnasti, kemarin.

Menurut Ika, Jampersal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, Nomor TU/Menkes/E/391/11/2011.

"Sesuai dengan surat Menkes itu, semua lapisan masyarakat yang tidak memegang kartu jamkesmas atau jamkesmasda bisa mendapatkan pelayanan gratis persalinan di Puskesmas atau rumah sakit,’’ kata Ika.

Peraturan mendasar dari kebijakan ini menurut Ika, adalah bagi ibu yang belum mempunyai anak lebih dari dua.Untuk pembiayaan dari Jampersal ini, lanjutnya, akan dikaver dana dari APBD Sidoarjo dan APBD Pemprov Jatim.

Mereka yang mendapat program ini, terang Ika, adalah mereka yang melakukan persalinan di rumah sakit Pemerintah atau rumah sakit swasta yang menerima program Jamkesmas.

"Meski warga miskin, kalau melahirkan bukan di rumah sakit yang dimaksud, biayanya harus ditanggung sendiri,’’ kata Ika.

Ika menyebutkan, selama ini diakui banyak kasus ibu melahirkan dari keluarga miskin tetapi masuk ke rumah sakit yang tidak menerima program Jamkesda. Akibatnya biayanya harus ditanggung sendiri.

Karena itu ia berharap masyarakat supaya dapat menggunakan fasilitas kesehatan milik Pemerintah. Mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit daerah.