RP. 4 M UNTUK RENOVASI MASJID SE SIDOARJO


Ratusan masjid dan mushola di Kabupaten Sidoarjo saat ini banyak yang sedang mengantri bantuan renovasi. Tercatat di Bagian Kesra sudah ada 183 proposal pengajuan yang sedang antri menunggu.

Begitu banyaknya masjid yang akan direnovasi, pihak Pemkab pada tahun 2011 ini sampai menyediakan anggarannya mencapai Rp 4 Miliar.

Disampaikan oleh Kasubag Agama dan Kemasyarakatan Bagian Kesra, Drs Udin Samsul Hari, kemarin, untuk masjid dibantu sebesar Rp 12 juta sedangkan mushola Rp 6 juta.

"Tetapi kita sedang mengajukan usulan ke Bupati untuk menaikkannya," kata Udin.

Menurut Udin, itu dikarenakan saat ini bahan-bahan matrial sedang mengalami kenaikan harga. Rencana usulannya untuk masjid sebesar Rp 15 juta dan untuk mushola Rp 8 juta.

Bantuan pada tahun 2011 ini diperkirakan akan diberikan pada bulan April. Seperti tahun sebelumnya, tiap tribulan ada sekitar 24 sampai 25 masjid yang akan dibantu.

Masjid dan mushola yang mengajukan bantuan tersebut, kata Udin, sebelumnya akan disurvey. Ini untuk menghindari adanya proposal yang bersifat fiktif.

"Alhamdulilah selama ini adanya proposal fiktif belum pernah terjadi,’’ ujar Udin.

Bagi masjid yang sudah mendapat bantuan renovasi, menurut udin, tidak diperkenankan untuk tiap tahun mengajukan bantuan. Dikarenakan agar bantuan juga bisa dirasakan oleh masjid yang belum mendapat bantuan.

"Menurut pengalaman bila tahun 2011 ini dapat, baru kita beri lagi nanti tahun 2014," jelas Udin.

Selain bantuan untuk renovasi masjid dan mushola, bantuan renovasi menurut Udin, juga diberikan untuk tempat ibadah lain. Beberapa tahun ini yang mengajukan hanya 2 gereja saja. Nilai bantuan yang diberikan menurut Udin juga sama dengan masjid. (ali)