749 Pegawai Negeri Sipil Ucapkan Sumpah dan Janji

Setelah menjadi Capeg (Calon Pegawai) selama dua tahun, sebanyak 749 PNS formasi tahun 2009 dari jalur perekrutan umum maupun honorer yang telah resmi diangkat menjadi PNS ditandai dengan melakukan ikrar sumpah dan janji.
Dengan disaksikan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH. M.Hum, Wakil Bupati MG Hadi Sutjipto, SH, MM dan Kepala BKD Sidoarjo Sri Witarsih, SH, pada Kamis(17/3) di Pendopo Kabupaten Sidoarjo. Pengambilan Sumpah dan janji CPNS dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Vino Rudi Muntiawan, SH dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo, Sri Witarsih, SH mengatakan bahwa sumpah ini adalah suatu kewajiban bagi seorang CPNS ketika diangkat menjadi PNS.
“Sesuai dengan PP 21 Tahun 1975 bahwasanya PNS yang sudah diangkat wajib dan segera diambil sumpahnya”, kata Kepala BKD Kabupaten Sidoarjo. Sri Witarsih, SH dan juga sebagai salah satu bentuk pembinaan Pegawai Negeri Sipil . Karena dengan diambil sumpah dan janji seperti ini, mereka akan mempertanggungjawabkannya kepada Tuhan YME “Tidak hanya dalam hal pertanggungjawaban di dunia saja, tetapi juga diakhirat nanti,” ditegaskan oleh Sri Witarsih,SH
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah,SH.M.Hum dalam sambutanya memberikan nasehat kepada 749 PNS bahwa sumpah dan janji ini jangan dimaknai sebagai simbul belaka tapi memiliki makna yang sangat tinggi. Yaitu mempertanggungjawabkan kinerjanya dalam bekerja, selain kepada masyarakat juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan setelah resmi menjadi PNS mereka tidak lagi mengemban pekerjaan yang ringan, mereka harus melayani masyarakat sehingga dapat melakukan pekerjaan dan layanan publik dengan baik, harus membangun kesamaan misi dalam memberikan pelayanan yang menjadi isu aktual dan merupakan tantangan yang harus dituntaskan, dengan segala daya dan upaya serta komitmen bersama. Karena pada hakekatnya mereka kini adalah pelayan masyarakat yang harus senantiasa melayani masyarakat dan bukan dilayani oleh masyarakat, “ oleh karena itu anda semua harus siap menjadi pelayanan masyarakat dan harus selalu siap mendukung program-program pemerintah “
. “Apakah anda siap mendukung program pemerintah, ?” kata Bapak Bupati Sidoarjo yang disambut dengan jawaban “siap”kata para PNS serentak.
Selain bupati juga berharap kepada para PNS yang telah diambil sumpahnya hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan citra birokrasi ditengah-tengah masyarakat.