Safari LKM Rejeni Sejahtera

Safari LKM Rejeni Sejahtera, merupakan agenda rutin LKM setiap bulan dalam rangka pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut salah satu program kerja LKM yaitu Penguatan KSM dan Relawan Desa. Safari LKM juga merupakan langkah-langkah kongkrit yang perlu dilakukan oleh LKM untuk sosialisasi Program Kerja LKM dan progres pelaksanaan kegiatan Program PNPM-MP di Desa Rejeni. Dalam Safari LKM dihadiri dari unsur : Pemerintahan Desa (Kades dan Perangkat), LKM (PK LKM dan Sekretariat), UP (UPL, UPS dan UPK), Tokoh Masyarakat serta Relawan dari RT dan RW setempat. Pada acara tersebut dari faskel pendamping yang diharapkan oleh warga sekiranya dapat memberikan pendampingan, sudah dua kali pertemuan ini tidak bisa hadir, mungkin karena karena ada halangan sehingga tidak bisa hadir dalam rapat kali ini.

Tidak terasa sudah ini sudah Safari ke-7 LKM Rejeni Sejahtera. Safari LKM kali ini bertempat di rumah Bapak H. Moch. Kholil (PK LKM) di RT. 002 RW. 001 Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Agenda dalam rapat adalah :
  • Musyawarah persiapan pelaksanaan kegiatan pembangunan gorong-gorong
  • Laporan Kinerja Sekretariat 
  • Laporan Kinerja U P K
  • Maksimalisasi Kinerja UPK
Dalam rapat kali ini dihasilkan kesepakatan dan mufakat bahwa Pelaksana kegiatan adalah KSM BAROKAH, alamat sekretariat RT. 009 RW. 005 Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. KSM BAROKAH beranggotakan 15 orang yang merupakan perwakilan dari 5 RT penerima manfaat kegiatan.

Kegiatan Pembangunan Gorong-gorong saluran ini merupakan prioritas kegiatan yang telah disepakati pada waktu review partisipatif bulan Desember 2010. Gorong-gorong ini merupakan sarana yang sangat penting bagi warga karena menjadi titik sentral pembuangan akhir saluran drainase yang mencakup 1/4 desa Rejeni meliputi RT. 02, RT. 07, RT. 08, RT. 09 dan RT. 10.

Kegiatan pembangunan gorong-gorong ini merupakan kegiatan yang sudah puluhan tahun dinantikan oleh warga desa Rejeni, karena selama ini titik sentral pembuangan akhir saluran drainase untuk wilayah Rejeni sebelah Utara Jalan Protokol hanya ada 1 gorong-gorong. Sedangkan gorong-gorong tersebut menampung beban 1/2 saluran buangan/drainase desa Rejeni dan dalam kondisi yang tidak layak (rusak). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan lingkungan warga terbebas dari resiko banjir, terhindar dari penyakit yang timbul akibat drainase buruk, dan aktifitas warga tidak terganggu.


Sedangkan mengenai kinerja UPK, didapatkan laporan bahwa dalam bulan Juli ini ada 3 KSM yang akan melunasi angsuran pinjaman, dan hasil dari diskusi adalah perlunya peningkatan nominal pinjaman bagi KSM Ekonomi yang pembayarannya lancar dan tepat waktu. Oleh karena itu, dalam bulan Juli ini ada 2 KSM yang menurut UPK layak untuk mendapatkan peningkatan nominal pinjaman yaitu : KSM Bromo 19 (dusun Bawang RT. 19 RW. 10) dan KSM Bromo 15 (dusun Pakem RT. 15 RW. 08) karena 2 KSM ini pembayarannya selalu tepat waktu bahkan sebelum jatuh tempo sudah membayar angsuran pinjaman.

Untuk Safari bulan #8 sementara Off dulu karena dalam rangka bulan Ramadhan dan Hari Raya. Setelah Hari Raya akan dilaksanakan lagi acara Safari LKM, namun tempat belum bisa ditentukan.(zn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar